Home » » Cara Membersihkan Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas


Foto kulkas, Photo used under Creative Commons from  osseous
Kulkas atau lemari pendingin adalah peralatan rumah tangga yang penting untuk menyimpan makanan agar tetap segar atau awet. Namun jika kulkas Anda kotor justru berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri berbahaya. Misalnya saja dengan adanya daging dan ikan mentah kulkas bisa saja kulkas menjadi tempat berkembangnya salmonella atau e-coli.

Mengingat pentingnya kebersihan kulkas atau lemari pendingin, maka kebersihannya mutlak harus diperhatikan. Selain itu pada saat membersihkan kulkas atau lemari pendingin bisa juga sambil melakukan penyortiran terhadap makanan atau bahan makanan yang disimpan, siapa tahu ada yang sudah kadaluarsa atau sudah tidak layak dikonsumsi.

Membersihkan lemari pendingin atau kulkas tanpaknya hal yang sederhana, padahal memerlukan langkah-langkah yang tepat agar kulkas tetap higienis dan tidak terkontaminasi cairan/bahan yang digunakan untuk membersihkan kulkas. Berikut ini adalah tahap-tahap dalam membersihkan lemari pendingin atau kulkas, yang dikutip dari beberapa sumber:

1. Menyiapkan Bahan Pembersih Kulkas
Produk pembersih kulkas bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko atau supermarket. Bahan pembersih ini biasanya dikemas dalam botol semprot agar mudah digunakan. Bahan pembersih lain yang bisa Anda gunakan adalah pembersih yang biasa digunakan membersihkan peralatan dapur, namun harus diingat untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia yang kuat, terutama pemutih.

Bila Anda ingin bahan pembersih yang jauh lebih aman, bisa digunakan cuka. Caranya, campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1 serta tambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon untuk mengurangi bau menyengat dari cuka.

2. Menyiapkan Peralatan
Untuk membersihkan kulkas peralatan yang harus disiapkan adalah dua lap untuk membersihkan dan mengeringkan, kertas pembersih dan handuk besar untuk ditempatkan di lantai, di depan kulkas agar lantai tidak basah dan licin. Selain itu siapkan juga sapu atau penyedot debu, sikat gigi bekas untuk membersihkan rak-rak kecil dan pegangan pintu kulkas serta kain pel yang akan digunakan untuk membersihkan lantai setelah membersihkan kulkas selesai.

3. Mengeluarkan Semua Barang dari Kulkas
Sebelum membersihkan kulkas, yang harus dilakukan terhadap kulkas itu sendiri adalah mengeluarkan semua barang dari kulkas. Pada tahap ini bisa sambil menyortir makanan atau bahan makanan yang kadaluarsa atau tidak layak makan. Selain mengeluarkan semua makanan atau bahan makanan, pada tahap ini Anda harus melepaskan bagian kulkas yang bisa dilepas seperti rak, rak pintu serta laci penyimpanan ikan/daging.

4. Membersihkan Kulkas
Mulailah membersihkan kulkas dari bagian dalam atas ke bawah dengan menggunakan kain lap yang dibasahi cairan pembersih yang telah dipersiapkan.Lap di bagian dekat pintu, terutama bagian atas yang biasanya banyak kotoran menumpuk.Gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda yang menempel. Setelah bagian dalam selesai dibersihkan kemudian bersihkan bagian luar kulkas/lemari pendingin termasuk pegangan pintu.

Pembersihan selanjutnya adalah rak-rak dan laci yang telah Anda keluarkan tadi. Untuk yang ini, Anda boleh menggunakan deterjen atau cairan disinfektan. Namun jangan gunakan yang berbahan kimia terlalu keras. Campur deterjen dengan air hangat, rendam rak beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

5. Mengeringkan
Langkah berikutnya setelah membersihkan kulkas adalah mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembab.

6. Penempatan
Setelah bagian dalam kulkas/lemari pendingin dan rak/laci benar-benar kering, tempatkan rak/laci tersebut ke posisi semula.

Demikianlah langkah-langkah membersihkan kulkas/lemari pendingin... semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar